DESA BLIGO DESA MANDIRI | WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BLIGO KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO  

Gaya Hidup Sehat Bersama Warga Desa Bligo

MOCHAMAD SYAIFUDIN | 13 November 2023 20:14:04 | Berita Desa | 91 Kali

 

Gaya Hidup Sehat Bersama Warga Desa Bligo

Pemerintah Desa Bligo | Kesehatan merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan oleh semua manusia, karena hidup sehat merupakan rezeki dan anugrah terbesar dari Tuhan. Kesehatan adalah suatu kondisi di mana kita sehat dalam lingkup fisik, mental, spiritual, atau sosial. Dalam keadaan sehat kita mampu melakukan aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Berbeda saat kita keadaan sakit, maka aktivitas dan kegiatan kita menjadi tertinggal sehingga tingkat produktivitas kita menurun. Beberapa upaya dapat dilakukan manusia untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Selain itu, kita juga perlu menerapkan gaya hidup sehat melalui menjaga pola makan, serta istirahat yang cukup dan tidur teratur.

Dari sekian cara untuk menjaga kesehatan, olahraga termasuk cara menjaga kesehatan yang menarik dan menyenangkan. Olahraga sendiri terdapat berbagai jenis yang bisa dilakukan, sehingga kita dapat menyesuaikan pada minat dan kebutuhan. Beberapa jenis olahraga tersebut yaitu senam, lari, bersepeda, renang, yoga, sepak bola, bulu tangkis, aerobik, dan lain-lainnya. Adapun manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh adalah menjauhkan dari berbagai penyakit, memperbaiki postur tubuh, merangsang pertumbuhan ideal, meningkatkan daya pikir, meningkatkan nafsu makan dan sistem pencernaan optimal, menjaga kesehatan tulang dan persendian, meningkatkan kemampuan untuk beraktivitas, dan memperlancar peredaran darah.

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari kelompok 13 dari program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, UPN “Veteran” Jawa Timur dengan Dosen Pembimbing Rizqi Novita Sari S.T.,

M.T. Tujuan KKN yang dirancang oleh LPPM yaitu sebagai wujud penerapan iptek dengan membentu team work dan wujud kedisiplinan mahasiswa. Kegiatan KKN kali ini menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan olahraga senam bersama para warga Desa Bligo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan senam bersama ini dilakukan oleh warga di Desa Bligo pada setiap hari minggu. Saat itu kami bergabung untuk mengikuti dan berpartispasi untuk meramaikan dan memberikan semangat bagi warga Desa Bligo dalam kegiatan senam bersama yang dilaksanakan pada 12 November 2023. Antusias dan semangat warga Desa Bligo untuk mengikuti olahraga sangat kami apresiasi. Banyak dari kalangan tua yang tidak kalah semangat dari kalangan mudanya, baik dari bapak-bapak atau ibu-ibu yang sangat antusias mengikuti olahraga. Kegiatan seperti ini mampu menjadikan sosial dan hubungan sesama warga Desa Bligo semakin kuat dan erat, serta menujukkan kerukunan di antara mereka. Dari kegiatan olahraga ini dapat meminimalisasi warga Desa Bligo dari terjangkit penyakit. Contohnya yaitu walaupun banyak dari kalangan tua yang mengikuti olahraga, tetapi mereka tetap kuat dan semangat. Kegiatan positif inilah yang kami harapkan untuk bisa menjadi acuan atau contoh di desa lain agar menerapkan agenda rutin olahraga bersama.

Setelah kegiatan olahraga, kita mengadakan ice breaking bersama para warga Desa Bligo dengan bermain kuis. Bagi warga yang   mampu   menjawab   dengan   benar,   kami hadiahkan doorprize sehingga para warga antusias dalam menjawab pertanyaan. Dengan adanya kami mengadakan kuis ini membuat daya ingat dan berpikir kita bekerja, sehingga tidak hanya sehat jasmani tetapi juga akal dan pikiran. Dari pertanyaan-pertanyaan kuis yang kita berikan, banyak warga yang berhasil menjawab dengan cepat dan tepat. Ini juga menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan daya pikir kita.

Selain mengadakan bagi-bagi doorprize, kita juga mengadakan tensi darah di tempat. Bagi warga yang ingin melakukan cek tekanan darah, kita fasilitasi dan bantu untuk mengecek tekanan darah. Kami menyediakan 2 alat tensi darah digital untuk pengecekan tekanan darah. Beberapa warga terdapat yang memiliki tekanan darah tinggi dan darah rendah. Akan tetapi juga banyak warga yang memiliki tekanan darah normal. Bagi warga yang memiliki tekanan darah tinggi dan rendah, kami memberikan sedikit edukasi untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. Kita juga memberikan arahan kepada seluruh warga Desa Bligo untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Penulis: M. Hudan Hakiki Editor: Akbar Amansyah Pribadi (Mahasiswa UPN) Bersama Mochamad Syaifudin, ST selaku Petugas Website Desa

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Agenda

Belum ada agenda

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Wijaya Kusuma No. 005 Desa Bligo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo
Desa : Bligo
Kecamatan : Candi
Kabupaten : Sidoarjo
Kodepos : 61271
Telepon : 0318052975
Email : kantordesabligo.candi@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung